Home / Berita / Puskesmas Pekuncen Terapkan Protokoler Covid-19 di Pelayanan KB Kes Harganas

Puskesmas Pekuncen Terapkan Protokoler Covid-19 di Pelayanan KB Kes Harganas

Banyumas – Puskesmas Pekuncen, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menerapkan protokol pencegahan virus corona, saat melayani puluhan akseptor di Balai Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen. Senin (29/6/2020).

 

Dibenarkan Kepala Puskesmas Pekuncen melalui Bidan Desa Petahunan, Sri Widiarti (32), bahwa pelayanan KB Kes peringatan Harganas ke-27 dan HUT BKKBN ke-50 tahun 2020 ini, calon akseptor diwajibkan memakai masker dan pengecekan suhu badan dengan termometer infrared.

 

“Untuk Petugas KB juga memakai APD (Alat Pelindung Diri), sehingga memberikan rasa aman dan nyaman, baik bagi petugas sendiri maupun peserta KB,” terangnya.

 

Kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dari BKKBN pusat yang dilaksanakan hari ini, adalah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia dari wilayah pedesaan.

 

Untuk diketahui, untuk pelayanan IUD, akan dilakukan di Puskesmas Pekuncen (30/6).

 

“Kegiatan ini juga diselaraskan dengan non fisik TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas,” tandasnya.

 

Untuk peserta KB implan yang terjaring adalah sebanyak 48 akseptor dari dari 3 desa di Kecamatan Pekuncen, yaitu 26 orang dari Desa Petahunan, 17 dari Desa Semedo, dan 5 orang dari Desa Karangkemiri.

 

“Peserta KB dengan usia antara 18-45 tahun. Ada 29 akseptor KB implan baru sedangkan 19 orang lainnya adalah bongkar dan pasang kembali implan,” pungkasnya.

 

Ditambahkannya, kegiatan bakti sosial ini juga merupakan salah satu terobosan BKKBN untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat di saat pandemi. (Aan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *