Home / Berita / Meski Pandemi, Program TMMD Ke-108 Tetap Dilaksanakan di Kutim

Meski Pandemi, Program TMMD Ke-108 Tetap Dilaksanakan di Kutim

KUTAI TIMUR. Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun 2020 akan kembali dilaksanakan. Salah satu yang menjadi lokasi kegiatan tahun ini adalah Kabupaten Kutai Timur.

Bupati Kutim Ismunandar bersama Dandim 0909/Sangatta, Letkol Czi Pabate mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) yang dipimpin langsung oleh Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KASAD) Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjri secara daring.

Rakornis daring TMMD ke-108 diikuti pemerintah daerah se-Indonesia yang akan melaksanakan kegiatan ini. Di wilayah Kodam VI Mulawarman sendiri program ini akan dilaksanakan di empat wilayah berbeda, yaitu Kodim 0909/Sangatta, Kodim 0911 Nunukan, Kodim 1005 Marabahan, dan Kodim 1006 Martapura.

Dalam arahannya, Bakti Agus Fajri menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang masih bisa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan TMMD di tengah pandemi Covid-19.

“Meskipun dalam situasi yang sungguh berat ini, tapi pemerintah daerah masih bisa menganggarkan kegiatan TMMD. Untuk itu kami juga berharap kegiatan ini nantinya bisa mendukung penanganan Covid-19 di daerah,” ujar Bakti Agus Fadjri.

Sementara Bupati Ismunandar mengaku pihaknya akan selalu siap mendukung pelaksanaan kegiatan yang dilakukan TNI, dimana pada TMMD kali ini akan dilaksanakan di Kecamatan Kaliorang. Menurutnya, program ini bermanfaat bagi warga di pedesaan, sebagaimana program TMMD yang sudah dilaksanakan di Kutim sebelumnya.

“ Jadi untuk Kutai Timur program TMMD ke 108 tetap dilaksanakan. Untuk tahun ini rencana program TMMD-nya akan kembali membangun jalan pendekat antara Desa Bukit Harapan dengan Desa Bakti Jaya sepanjang 3,5 kilometer,” sebut Ismu.

Dandim 0909 Sangatta Letkol Czi Pabate menambahkan, kendati ada beberapa daerah di Indonesia yang membatalkan program TMMD karena pandemi. Ia bersyukur, TMMD di Kutim tetap dapat terlaksana karena dukungan Pemkab.

“Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya, karena Pemkab Kutim tetap mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan TMMD di Kutai Timur,” ujar Pabate.

Lebih lanjut, ia menegaskan kegiatan akan dimulai akhir bulan nanti atau tepatnya 30 Juni.
“Sasaran kegiatan TMMD nantinya adalah pembangunan jalan, jembatan, rehab musalla dan membangun rumah layak huni bagi warga yang terbilang hidup sebatang kara di Kecamatan Kaliorang,” pungkas Dandim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *