Mengikuti Wisuda S3, Bupati Musi Rawas Dr. Ridwan Mukti Berbaur dengan Ribuan Mahasiswa, ke Toilet Pun Harus Antri

KAMIS (27/2) kemarin, merupakan hari yang cukup menyiksa namun indah bagi Bupati Musi Rawas Dr. Ridwan Mukti dan istri Lili Martiani Maddari. Setengah hari, Ridwan Mukti harus berbaur bersama 1000 lebih mahasiswa S1, S2 dan S3 Universitas Sriwijaya (Unsri) dalam rangka wisuda. Walau harus tanpa fasilitas dan penjagaan, namun wajah Ridwan Mukti dan istri begitu sumringah. Terlihat wajah keduanya terus tersenyum, di tengah ribuan mahasiswa lainnya. Berikut laporannya,

Jeffri, Palembang

Sekitar pukul 08.30 WIB, Ridwan Mukti dan istri, Lili sudah berangkar dari kediamannya menuju ke Unsri. Dengan semangat dan wajah sumringah, hari itu, Ridwan Mukti akan wisudah S3 program Doktoral Ilmu Hukum Universitas Sriwijaya. Ridwan mukti akan wisudah bersama ribuan mahasiswa Unsri. Tak ada pengawalan dari ajudan dan staf yang akan mendampingi.
Karena , yang hanya dibiarkan masuk ke gedung, penadamping yakni istri bagi S2 dan S3. Sedangkan S1, tanpa pandampingi. Mengenakan kemeja putih, Ridwan Mukti sudah siap dengan toga dan topi wisudanya. Sedangkan sang istri terlihat anggun mengenakan kebaya warna cerah.
Begitu tiba, mereka harus menuju ke kursi wisudawan. Acara wisuda sendiri, dimulai pukul 09.00 WIB. Hingga selesai pukul 12.40 WIB.
Saat it, terlihat Ridwan Mukti begitu membaur dengan para wisudawan. Bahkan untuk ke toilet, Ridwan Mukti harus ikut antri. Karena toiletnya yang kecil, sementara yang menggunakannya ratusan.
Saat wisuda S3, nama Ridwam Mukti yang lulus dengan pujian dipanggil. Langsung gedung lokasi wisudah bergemuruh dan tepuk tangan membahana. Saat itu, Ridwan Mukti dan istri menuju ke atas panggung, untuk mendapatkan ijazah dari Rektor Unsri Prof. Dr. Badia Perizade  .
Usai menerima Ijazah dan pemindahan topi, Ridwan Mukti kembali ke tempat duduk dan menunggu acara wisuda tersebut sampai selesai. Pasalnya, gedung tempat wisudah dilakukan ditutup rapat dan dijaga petugas keamanan kampus. Tak seorang pun yang sudah di dalam ruangan diperkenankan keluar masuk.
Bahkan beberap staf Ridwan Mukti dari Musi Rawas tidak bisa masuk, karena undangan dibatasi.
Selesai, wisuda, Ridwan Mukti langsung keluar ruangan bersama-sama dengan ribuan wisudawan lainnya. Bahkan, banyak wisudawan meminta foto bersama Ridwan Mukti. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatangan penyerahan hibah asrama mahasiswa Musi Rawas kepada universitas Sriwijaya.
‘’Kita harus bersemangat dalam mengejar pendidikan ini. Karena pendidikan itu sangat penting. Selain itu, kita tidak akan bias pernah berhenti untuk belajar,’’jelasnya.
Sehari sebelumnya, Ridwan Mukti juga mengikuti kegiatan Yudisium. Bahkan saat itu, Ridwan Mukti diminta memberikan sambutan, mewakili peserta Yudisium.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>